Pengertian Refraktometer, Fungsi Beserta Kegunaan dan Perbedaan antara Refraktometer dengan Abbe Refraktometer

Pengertian Refraktometer

Refraktometer adalah suatu alat digital yang berfungsi mengukur indeks bias. Indeks bias sendiri adalah perbandingan antara kecepatan cahaya dalam ruang hampa dengan cepat rambat cahaya pada suatu medium. Pengukuran indeks bias menggunakan Refraktometer dapat menggunakan Hukum Snelius.


Selain itu alat Refraktometer ini juga memiliki fungsi untuk kadar atau konsentrasi bahan atau zat terlarut. Kadar zat terlarut merupakan total dari semua zat atau bahan dalam air, termasuk gula, garam, protein, asam dan sebagainya. Metode kerja alat Refraktometer ini dengan memanfaatkan teori refraksi cahaya. Alat Refraktometer ini ditemukan oleh Dr. Ernest Abbe yaitu seorang ilmuwan asal German pada awal abad 20 (sekitar pada tahun 2010-an).

Fungsi Refraktometer

Alat Refraktometer memiliki fungsi untuk mengukur nilai kosentrasi bahan atau zat yang mudah terlarut. Contoh bahan yang mudah terlarut seperti gula, garam, protein dan sejenisnya. Prinsip kerja alat  Refraktometer ini adalah memanfaatkan pola refreksi dari cahaya. Untuk perawatan dan pemakainya alat  Refraktometer ini cukup mudah meski untuk orang awam sekalipun.

Contohnya seperti sebuah sedotan pada gelas yang berisi air gula dan air biasa. Pada gelas yang berisi air biasa seditan terlihat akan membengkok, sedangkan pada gelas yang berisi air gula sedotan akan terlihat membengkok lebih tajam.

Kegunaan Refraktometer

Refraktometer dapat digunakan dalam menentukan kadar materi terlarut dalam suatu larutan. Oleh karena itu, dalam beberapa industri biasa menggunakan alat Refraktometer ini dalam pekerjaannya. Berikut ini beberapa penggunaan alat Refraktometer sebagai berikut :
  1. Pada peternakan lebah, Alat Refraktometer ini digunakan untuk menguji kualitas madu dengan mengukur kadar air pada madu yang diproduksi.
  2. Pada perawatan akuarium air laut, alat Refraktometer ini digunakan untuk mengukur kadar sanilitas.
  3. Pada indrustri otomotif, alat Refraktometer ini digunakan untuk pengukuran konsentrasi coolant pada mesin pabrik.
Perbedaan  Refraktometer dengan Abbe  Refraktometer

Refraktometer adalah suatu alat berfungsi untuk mengukur kadar atau konsentrasi bahan terlarut, seperti gula, garam, protein. Jadi alat ini digunakan untuk mengukur konsentrasi bahan zat terlarut.

Sedangkan,

Abbe  Refraktometer adalah Suatu alat yang digunakan kinerja optik, kemurnian, konsentrasi dan dispersi, dll. Jadi alat ini digunakan untuk memurnikan atau kemurnian suatu bahan pangan, seperti garam, gula, kecap, dll.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengertian Refraktometer, Fungsi Beserta Kegunaan dan Perbedaan antara Refraktometer dengan Abbe Refraktometer"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel