Pengertian Konektor BNC Beserta Jenis,Fungsi,dan Cara Penggunaan

Kabel Koaksial adalah sebuah kabel yang memiliki dua buah konduktor, konduktor yang pertama copper yang ditengah (pusat inti) terbuat dari tembaga dan konduktor yang kedua melingkar diluar isolator pertama. Biasanya kabel koaksial digunakan untuk frekuensi radio.Dan juga kabel jenis ini digunakan untuk jaringan yang bandwith yang tinggi.



Kabel koaksial memiliki empat lapisan,lapisan yang paling luar yaitu jacket berfungsi untuk melindungi bagian terluar, lapisan yang kedua yaitu lapisan metal yang berfungsi untuk menghalang gangguan dari luar dan lapisan yang ketiga yaitu lapisan plastik yang berfungsi untuk penebat diantara tembaga dan "metal shielded" dan yang terakhir yaitu lapisan tembaga yang berada ditengah (centre core).


Untuk dapat menguji frekuensi sinyal radio dapat menggunakan alat yang bernama BNC Network. Didalam BNC Network terdapat konektor BNC yang merupakan penghubung antara BNC Network dan kabel koaksial. Untuk dapat mengenal dan  mengetahui Konektor BNC anda dapat membaca artikel berikut ini :


Pengertian Konektor BNC 


Konektor BNC adalah sebuah alat yang dapat menghubungkan dan memutuskan konektor frekuensi radio yang digunakan pada kabel koaksial. Konektor biasanya digunakan dengan kabel koaksial diradio, televisi, dan peralatan elektronik frekuensi radio lainnya. Konektor BNC ditemukan oleh Paul Neill dan Carl Concelman. Pengujian untuk konektor frekuensi radio yang digunakan dengan kabel fleksibel dan jenis saluran tranmisi koaksial tertentu lainnya dalam aplikasi militer,dan luar angkasa.


Jenis Konektor BNC


1.BNC ke BNC


Konektor BNC jenis ini adalah sebuah jenis konektor yang digunakan untuk menyambungkan kabel dari BNC RG6 yang akan disampaikan ke Monitor, TV, dan DVR.

2.BNC RG6 Crimping


Konektor BNC jenis ini adalah salah satu jenis konektor yang digunakan sebagi penghubung antara kabel dengan perangkat CCTV baik Monitor, DVR maupun kamera.

3.BNC RG59 Crimping


Konektor BNC jenis ini adalah konektor yang merupakan penghubung antara kabel dengan dengan perangkat CCTV, baik monitor, maupun kamera. Konektor jenis ini khusus dipergunakan pada kabel CCTV jenis RG59.

4.BNC RG6 Twist


Konektor BNC jenis ini merupakan konektor yang digunkan untuk menghubungkan kabel koaksial dengan slot BNC yang terdapat pada CCTV camera ataupun DVR.

5.BNC-RCA


Konektor BNC ini biasanya digunakan untuk merubah BNC menjadi RCA yang akan dihubungkan dengan monitor atau ke TV.

Fungsi Konektor BNC 

  1. Konektor BNC digunakan untuk koneksi sinyal.
  2. Menghubungkan antar kabel.
  3. Amatir radio antena.
  4. Menghubungkan kabel ke T konektor.
  5. Menghubungkan kabel dengan perangkat jaringan lain.
Cara menggunakan Konektor BNC

Untuk dapat menggunakan kabel koaksial kita dapat mencrimping terlebih dahulu pada kabel koaksial. Jadi kita harus mengcrimping dengan baik dan benar sehingga dapat menghubungkan kabel koaksial dengan konektor BNC. Maka ikutilah langkah - langkah berikut ini :

  1. Kupas bagian luar kabel koaksial dengan menggunkan gunting dan cutter panjangnya kurang lebih cm.
  2. Yang kedua buang selongsong bagian dalam sehingga kawat tunggal yang didalam terlihat dan juga kawet serabut ditekuk ke belakang.
  3. Pasang konektor terlebih dahulu dengan memutarnya ke searah jarum jam.
  4. Kemudian pasang konektor BNC
  5. Selesai
  6. Kabel koaksial sudah siap dipakai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengertian Konektor BNC Beserta Jenis,Fungsi,dan Cara Penggunaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel