Pengertian Chlorine Tester Beserta Prinsip Kerja dan Kegunaan

Air adalah senyawa yang penting untuk kehidupan manusia. Tanpa adanya air manusia tidak dapat melakukan aktifitas sehari -hari. Biasanya air digunakan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari untuk minum, mencuci baju, memasak dan kegiatan keseharian yang lainnya. Sehingga air sangatlah penting manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan lapisan-lapisan es, akan tetapi air juga terdapat pada hujan, sungai, danau, uap air, dan lautan es.


Didalam air juga terdapat unsur senyawa lain yaitu klorin. Klorin ini sendiri adalah senyawa yang berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia. Klorin biasanya sering digunakan dalam industri  plastik, insektisida, dan obat - obatan. Selain itu klorin juga sering digunakan dalam industri air minum dan kolam renang untuk keperluan membunuh kuman dan virus atau bakteri didalam air.


Penggunaan klorin untuk membunuh kuman atau bakteri di dalam air juga kadarnya harus diperhatikan. Jika klorin pada air berlebihan juga akan membahayakan bagi yang minum air tersebut. Oleh karena itu kita membutuhkan alat ukur kadar klorin guna untuk mengukur kandungan unsur klorin yang terkandung pada air. Alat yang dapat mengukur kadar klorin pada air yaitu Chlorine Tester. Untuk dapat mengetahui dan mengenal Chlorine Tester anda dapat membaca artikel berikut ini :


Pengertian Chlorine Tester


Chlorine Tester adalah suatu alat ukur yang dapat mengukur tingkat kadar atau jumlah Klorin yang terdapat dalam cairan dengan satuan PPM. Penggunaan Chlorine Tester banyak digunakan untuk pengukuran kualitas air bersih, kolam renang, bidang pertanian, kondisi pertanian, air minum dan sebagainya. Namun demikian karena Chlorine Tester merupakan alat ukur yang sangat rentan terganggu akurasi pengukurannya, untuk itu harus benar-benar dirawat dan dijaga dalam menggunakan alat ini.

Prinsip Kerja Chlorine Tester


Prinsip kerja alat ukur ini yaitu absorpsi (fenomena dimana ion atau molekul memasuki bahan cair atau padat) dari sempel berwarna yang digunakan. Energi dalam jumlah panjang gelombang tertentu akan diserap saat melewati sampel. Selanjutnya fotometer akan mengukur tranmisi atau penyerapan cahaya terhadap panjang gelombang yang ada. Kemudian mikroprosesor yang terdapat pada fotometer akan menghitung konsentrasi dan langsung menghitung hasil dari pengukuran dari alat tersebut.


Kegunaan Chlorine Tester

Klorin sangat efektif untuk membunuh mikrorganisme berbahaya karena sifatnya yang sangat mengoksidasi. Dengan menggunakan air ke dalam air minum merupakan salah satu cara yang aman untuk menetralisir bakteri atau kuman di dalam air minum. Selain itu aplikasi penggunaan alat Chlorine Tester banyak digunakan untuk digunakan dalam pengukuran kualitas air bersih, air untuk kolam perikanan kolam renang, bidang pertanian, kondisi akuarium, air minum dan sebagainya.

Penggunaan klorin sangat menguntungkan bagi penggunanya dalam banyak hal dibandingkan dengan metode konvensional di laboratorium untuk mengukur jumlah klorin pada sampel yang akan diuji. Bentuk alat ini cukup kecil sehingga alat ukur ini mudah dibawa dan digunakan sehingga nyaman untuk digunakan. Semua hal yang berkaitan dengan menentukan kadar klorin didalam air menjadi lebih simple dan lebih cepat dengan adanya alat Chlorine Tester.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengertian Chlorine Tester Beserta Prinsip Kerja dan Kegunaan"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel