Pengertian Cable Tester Beserta Jenis,Kegunaan dan Cara Menggunakan

Kabel adalah sebuah alat yang sering digunakan untuk mentranmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lainnya. Seiring dengan perkembangan waktu ke waktu kabel terdiri dari berbagai macam jenis, ukuran, dan bentuk. Berdasarkan jenisnya kabel dibedakan menjadi tiga yaitu kabel Tembaga, Kabel Koaksial dan Kabel Serat Optik.

Kabel Tembaga terdiri dari kabel UTP dan kabel STP. Kabel UTP ini menggunakan RJ-45 yang bisa digunakan untuk ethernet, ISDN, dan sambungan telepon. Sedangkan untuk kabel STP terdiri dari sepasang kabel yang masing - masing kabelnya terbungkus oleh pelindung. Kabel Koaksial biasanya digunakan untuk frekuensi radio. Dan untuk Kabel Serat Optik adalah kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik yang berfungsi untuk mentranmisikan sinyal cahaya. Kabel ini berukuran sangat tipis sehingga kecepatan tramisinya sangat cepat.

Sehingga untuk menguji koneksi kedua ujung kabel membutuhkan sebuah alat yang dapat menguji sambungan kabel tersebut. Alat yang dapat untuk menguji koneksi antara ujung kabel tersebut yaitu Cabel Tester. Untuk dapat mengenal dan mengetahui tentang cabel tester anda dapat membaca artikel berikut ini:

Pengertian Cable Tester

Cable Tester adalah sebuah alat elektronik yang dapat memverifikasi sambungan listrik di kabel sinyal atau perakitan kabel lainnya. Cabel Tester juga dapat dihubungkan ke kedua ujung kabel sekaligus atau indikasi dan bagian sumber arus dapat dipisahkan untuk memungkinkan injeksi arus uji pada salah satu ujung kabel dan mendeteksi hasil pada ujung kabel yang jauh. 

Kedua bagian dari penguji tersebut akan memiliki konektor, seperti konektor modular untuk ethernet kabel jaringan area lokal. Kabel Tester juga memiliki berbagai alat untuk menguji koneksi antar kabel, seperti LAN Tester untuk RJ 45, RJ 11, RJ 12, Cabel Tester untuk kabel fiber optik dan Cabel tester untuk kabel Koaksial.

Jenis Cabel Tester

1.Cabel Tester untuk Kabel Tembaga


Cabel Tester ini bisanya digunakan untuk menguji kabel UTP, kabel STP dan kabel. Untuk menguji kabel UTP yang berupa RJ 45 dapat menggunakan alat yang berupa LAN Tester.


2.Cabel Tester untuk Kabel Koaksial

Cabel Tester ini juga dapat untuk menguji kabel koaksial untuk menghubungkan atau memutuskan cepat miniatur konektor frekuesi radio yang digunakan pada kabel koaksial. Untuk menguji frekuensi pada sinyal radio yaitu dengan alat yang namanya adalah BNC Network.


3.Cabel Tester untuk Kabel Fiber Optik

Dan untuk Kabel Serat Optik memiliki alat khusus untuk menguji koneksi antar ujung core dengan ujung core lainnya. Visual Fault Locator adalah alat yang dapat mengetes core pada kabel serat Optik, jika core pada kabel tidak bermasalah maka laser akan sampai ke tujuan.


Kegunaan Cabel Tester

Biasanya kabel tester digunakan untuk menguji antara ujung kabel dengan ujung kabel lainnya apakah terkoneksi atau tidak dan juga Cabel Tester juga digunakan untuk memeriksa sambungan listrik di kabel sinyal. Selain itu Cabel Tester biasanya digunakan pada bidang komunikasi atau industri jaringan telekomunikasi seperti di Telkom Indonesia. Selain itu Cabel Tester ada juga yang khusus untuk menguji koneksi kabel Fiber Optik.


Cara Menggunakan LAN Tester

Untuk dapat menguji kabel dengan baik dan benar kita harus mengikuti prosedur sesuai pada alat LAN Tester.Seperti pada langkah - langkah berikut ini:
  1. Masukan atau colokan salah satu ujung kabel UTP pada port Tx induk besar (yang besar).
  2. Masukan atau colokan ujung kabel UTP pada port Rx anak tester (yang kecil).
  3. LAN Tester dengan menggeser saklar pad posisi auto.
  4. Lalu nyalakan LAN tester tersebut.
  5. Jika lampu LED (nomor 1 sampai 8 ) yang ada pada LAN Tester (induk tester dan anak tester) menyala semua maka kabel UTP tidak bermasalah dan siap dipasang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian Cable Tester Beserta Jenis,Kegunaan dan Cara Menggunakan "

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel