Pengertian Abbe Refractometer, Fungsi Beserta Kegunaan,Kelebihan dan Kekurangan

Di Indonesia sangat kaya dengan hasil perkebunan dan hasil pertanian. Oleh karena itu hasil pertanian dan hasil perkebunan seperti padi, kelapa sawit, ubi, kedelai dan masih banyak lagi. Untuk dapat mengolah hasil pertanian dan hasil perkebunan tersebut menjadi bahan pangan yang sehat dan bergizi, kita perlu dapat mengetahui kemurnian suatu bahan pangan dan mengetahui jumlah padatan terlarut pada bahan pangan yang akan kita olah menjadi makanan yang sehat dan bergizi.

Untuk mengetahui kemurnian suatu bahan pangan dan mengetahui jumlah padatan terlarut pada bahan pangan kita dapat menggunakan alat. Alat yang dapat mengetahui jumlah padatan terlarut dan mengetahui kemurnian suatu bahan pangan adalah Abbe Refractometer. Alat Abbe Refractometer ini memiliki fungsi yang banyak.Salah satu fungsi alat ini adalah dapat menganalisa kemurnian suatu bahan pangan dan masih banyak lagi fungsi alat Abbe Refractometer.


Untuk dapat mengetahui fungsi lain alat Abbe Refractometer dan mengerti tentang pengertian, jenis, fungsi, kegunaan alat Abbe Refractometer ini anda dapat membaca artikel berikut ini:


Pengertian Abbe Refractometer



Abbe Refractometer adalah sebuah alat digital yang mempunyai fungsi menganalisa jumlah padatan terlarut dan menganalisa  kemurnian bahan pangan secara akurat dan cepat. Bahan pangan yang dapat diketahui dan dianalisa dengan alat tersebut seperti garam, kecap, gula dan sejenisnya. Selain itu alat digital Abbe Refractometer ini juga memiliki fungsi lain seperti mengukur kadar atau konsentrasi bahan zat terlarut.


Fungsi Abbe Refractometer 


Abbe Refractometer memiliki fungsi yang cukup berguna untuk mengetahui jumlah atau mengukur kadar atau konsenatrasi bahan zat terlarut dan juga alat ini dapat menganalisa kemurnian suatu bahan pangan. Dengan dapat mengetahui kemurnian dan mengetahui ukuran kadar suatu bahan pangan, bahan pangan tersebut kita dapat mengolah bahan pangan tersebut menjadi makanan yang sehat dan bergizi.


Kegunaan Abbe Refractometer 


Alat Abbe Refractometer digital ini biasanya digunakan pada bidang pengolahan bahan pangan. Selain itu alat Abbe Refractometer digital ini juga digunakan untuk mengukur indeks bias. Indeks bias adalah perbandingan antara kecepatan cahaya dalam udara dengan kecepatan cahaya dalam zat tersebut. Biasanya Indeks bias memiliki fungsi untuk mengidentifikasi zat kemurnian suatu bahan pangan yang akan kita olah. Selain itu prinsip kerja Abbe Refractometer adalah menggunakan prinsip pembiasan. Pembiasan adalah penyinaran yang menembus dua macam media dengan kerapatan yang berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Abbe Refractometer

Kelebihan Abbe Refractometer 
  1. Mudah dioperasikan dengan mudah 
  2. Dilengkapi dengan sensor digital dan layar LCD untuk menampilkan hasil pengukuran 
  3. Hanya dapat mengukur kadar zat tertentu saja.
  4. Alat ini dapat menyesuaikan terhadap indeks bias terhadap sampel padat
Kekurangan Abbe Refractometer 

Alat ini menggunakan Baterai sehingga penggunaan alat ini kurang efisien.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Abbe Refractometer, Fungsi Beserta Kegunaan,Kelebihan dan Kekurangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel