Jenis - Jenis Termometer Beserta Cara menggunakan

Jenis - Jenis Termometer Beserta Cara Menggunakannya

1. Termometer Digital

Termometer ini dipakai dengan cara dua buah kabel dari jenis logam yang berbeda ujungnya, disatukan (dilas) titik penyatuan ini disebut hot junction. Termometer ini memiliki sensor yaitu termokopel untuk membaca perubahan nilai tambahan.

2.Termometer Six-Bellani


Cara kerja termometer ini adalah menggunakan alkohol cair raksa, uap alkohol, apabila suhu udara naik maka alkohol pada tabung 1 memuai Alkohol yang memuai akan mendorong raksa di kaki a akan menurun dan mengakibatkan raksa di kaki b akan naik dan mendorong besi petunjuk C2 naik.

3.Termometer Ruang


Biasanya termometer ini digunakan mengukur ruang.Cara kerja termometer ini adalah digabungkan dengan alat -  alat lain seperti alat petunjuk waktu dll.

4.Termometer Laboratorium



Cara kerja termometer ini adalah Ukur suhu objek benda jika cairan bertambah panas maka raksa atau alkohol akan memuai sehingga skalanya bertambah.

 5.Termometer Klinis
Cara kerja : Pertama periksa apakah termometer ini suhunya dibawah 35 °C jika sudah dibawah 35 °C pasang termometer dibawah ketiak atau lipatan tubuh selama kurang lebih 5 menit, setelah itu baca skala termometer tersebut.
.
6.Termometer Bimetal
Cara kerja termometer ini adalah apabila suhu berubah menjadi tinggi keping bimetal akan melengkung kearah koefisien yang rendah, dan sebaliknya apabila suhu rendah maka keping bimetal ke arah koefisien yang lebih tinggi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis - Jenis Termometer Beserta Cara menggunakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel