Pengertian Thermometer Beserta Fungsi,Lengkap Macam-Macamnya

Di Indonesia memiliki dua macam yaitu musim kemarau dan musim hujan. Dari musim tersebut kita bisa merasakan dengan indra pada manusia. Misalkan pada musim hujan kita bisa merasakan dingin dan pada musim kemarau kita bisa merasakan panas pada saat siang hari. Dari pernyataan tersebut kita bisa merasakan suhu.

Suhu adalah salah satu besaran pokok yang sering kita jumpai setiap hari dan setiap waktu pada kehidupan sehari hari. Jadi suhu menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda. Pada umumnya tangan atau kulit manusia bisa merasakan benda panas atau dingin, tapi tangan atau kulit manusia tidak bisa mengukur derajat panas atau dingin.

Oleh karena itu kita membutuhkan alat untuk mengukur derajat suhu tersebut.Alat tersebut adalah Termometer. Untuk mengenal alat Termometer, Macam-macam, Fungsi, Kegunaan anda dapat membaca artikel berikut ini :

Pengertian Termometer


Termometer berasal dari bahasa Yunani yaitu Thermos artinya panas dan meter artinya mengukur. Jadi Termometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur derajat panas atau dingin suatu benda. Dalam mengukur suatu benda kita menggunakan skala, tidak semua termometer menggunakan skala yang sama, seperti celcius (°C) dan fahrenheit (F). Dan skala kelvin digunakan pada sistem Internasional, di Indonesia menggunakan skala celcius (°C).

Macam-macam Termometer

1. Jenis Termometer Berdasarkan Zat Cair Pengisi Pipa

a. Termometer Klinis (Suhu Badan)

Termometer jenis ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu badan dan suhu ruangan. Termometer ini memiliki skala antaranya 35 - 42 derajat celcius (°C).

b. Termometer Dinding (Suhu Ruang)

Termometer jenis ini biasanya digunakan mengukur suhu ruangan. Termometer dipasang secara tegak pada salah satu dinding. Skala antara lain -80 - 100 derajat celcius.

c. Termometer maksimum dan minimum

Termometer jenis ini biasanya digunakan mengukur suhu tertinggi dan terendah suatu udara dalam satu hari.

2. Jenis Termometer berdasarkan skala

a. Termometer Celcius

Pada tahun 1742 Andres celcius berkebangsaan Swedia menetapkan satuan suatu benda yaitu derajat Celcius (°C). Zat cair yang digunakan untuk mengisi termometer celcius adalah raksa. Setiap kenaikan 1 skala menunjukan kenaikan suhu 1 °C.


b. Termometer Reamur

Termometer ini memiliki titik tetap bawah 0 °R. Antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi menjadi 80 skala yang masing-masing skala menunjukan perubahan suhu 1 °R.

c. Termometer Fahrenheit

Pada tahun 1706 fahrenheit berkebangsaan Jerman membuat termometer yang diisi dengan raksa. Antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi menjadi 180 skala, sehingga setiap skala menunjukan nilai 1 °F.

d.Termometer kelvin

Skala kelvin dipakai di satuan sisitem Internasional (SI). Antara titik tetap bawah dan titik tetap atas dibagi menjadi 100 skala. Jadi setiap skala menunjukan perubahan suhu 1 K.

Fungsi Termometer
  1. Mengukur suhu benda ataupun temperatur suhu.
  2. Mengukur suhu badan atau suhu tubuh apakah sedang sakit ataupun tidak.
Fungsi Termometer adalah mengukur suhu suatu benda maupun mengukur suhu seluruhnya. Termometer membantu anda mengetahui suhu tubuh apakah sedang kepanasan atau kedinginan yang bisa menjadi bantuan untuk mengatasi masalah.

Kegunaan Termometer 

Prinsip Kerja termometer ada bermacam macam yang paling digunakan adalah termometer air raksa. Kita ambil contoh didalam Alat kesehatan sering kita temui dalam bidang kedokteran,karena tugas dokter adalah memeriksa suhu tubuh pasien. Karena tubuh sakit maka kegiatan sehari hari terganggu dan termometer  bagus manfaat untuk mengukur suhu tubuh. Sehingga kita tahu bahwa apakah kita sedang mengalami kedinginan atau sakit panas.

Kesimpulan :

Termometer ini digunakan pada saat kita perlu mengetahui suhu suatu benda atau suhu suatu ruangan dan mengetahui suhu tubuh apakah tubuh kita sedang sakit atau tidak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Thermometer Beserta Fungsi,Lengkap Macam-Macamnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel