Pengertian Anemometer Sonic,Kegunaan,dan Cara menggunakan

Angin adalah udara yang bergerak ke seluruh arah karena adanya perbedaan tekanan udara pada suatu tempat ke tempat lain. Dengan adanya pergerakan udara di atmosfer ini maka terjadi distribusi artikel di udara, baik partikel kering (asap, debu) dan partikel basah (uap air). Pengukuran arah dan kecepatan angin dapat terjadi di permukaan bumi pada ketinggian antara 0,5 sampai 10 meter.

Untuk dapat menentukan arah dan kecepatan angin kita dapat membutuhkan sebuah alat. Alat yang dapat menentukan arah dan kecepatan adalah anemometer. Dari berbagai jenis alat Anemometer salah satunya adalah Anemometer Sonic.


Untuk dapat mengetahui dan mengerti alat Anemometer Sonic anda dapat membaca artikel tentang Pengertian Anemometer Sonic, Kegunaan, dan Cara menggunakan sebagai berikut:


Pengertian Anemometer Sonic 




Anemometer Sonic adalah salah satu jenis alat anemometer yang memiliki fungsi untuk menentukan kecepatan dan arah angin sesaat (turbelensi) dengan mengukur berapa banyak gelombang suara antara sepasang tranduser yang dipercepat atau diperlambat oleh pengaruh kecepatan angin.


Anemometer Sonic ditemukan oleh Dr Andreas Pflitsch seorang ahli geologi pada tahun 1994.Selain itu Anemometer Sonic dikembangkan pada tahun 1950. Media yang digunakan oleh Anemometer Sonic adalah gelombang suara ultrasonik untuk mengukur kecepatan angin. Kecepatan angin yang akan diukur mengacu pada jam terbang sonic pulses antara pasangan tranduser.


Kegunaan Anemometer Sonic


Anemometer Sonic yaitu salah satu anemometer yang sering digunakan untuk mengukur kecepatan dan arah angin. Anemometer Sonic ini memanfaatkan gelombang suara ultrasonik. Alat ini juga dalam penggunaannya menggunakan penyangga agar saat pengukuran stabil dan pengukuran berjalan dengan stabil.


Prinsip kerja Anemometer Sonic adalah dengan menggunakan gelombang suara ultrasonik alat ini mendapat lebih banyak digunakan dan pengganti anemometer mekanik yang lebih kuat. Oleh karena itu kondisi tetap pengujian, ultrasonik kecepatan udara dan fungsi kecepatan angin adalah berhubungan. Itu dapat diperoleh kecepatan angin dan arah dengan menghitung.

Cara menggunakan Anemometer Sonic


Untuk dapat mendapatkan fungsi dari Anemometer sonic secara maksimal, anda harus menggunakan anemometer sonic dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur alat tersebut.


Berikut ini cara menggunakan anemometer Sonic yang baik dan benar sesuai dengan prosedur :

  1. Pertama gunakan anemometer sonic di tempat atau daerah terbuka.
  2. Kedua pengukuran anemometer sonic dilakukan dengan meletakan alat ini secara vertikal.
  3. Kemudian untuk memastikan pengukuran anemometer bekerja secara efektif,anda harus menstabilkan anemometer ini dengan penyangga agar saat pengukuran berjalan dengan stabil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengertian Anemometer Sonic,Kegunaan,dan Cara menggunakan"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel